WARTA 24 BANGKA BELITUNG

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Gelar Sutan Disematkan pada Gelar Raja Bobby

Posted by On 05.01

Gelar Sutan Disematkan pada Gelar Raja Bobby

Gelar Sutan Disematkan pada Gelar Raja Bobbyhttps://assets1.antvklik.com/2017/11/gelar-bobby-1-750x375.jpg News 25 Nov 2017 2017-11-25 16:40:21 2017-11-25 16:40:21 ANTV Klik https://assets2.antvklik.com/images/logo.png

Gelar Sutan Disematkan pada Gelar Raja Bobby

News | Marwan Albab | 25 November 2017 Marwan Albab https://www.antvklik.com/news

www.antvklik.com - Gelar Sutan disematkan sebagai gelar Raja Bobby Nasution. Gelar Sutan diberikan sesuai tradisi adat Mandailing, seorang anak mewarisi nama kakeknya bukan nama orang tuanya.

Prosesi adat Horja Godang tidak hanya sebagai persembahan rasa bahagia orangtua terhadap pernikahan anaknya, namun ada satu hal penting yang dilaksanakan pada prosesi adat ini, yang hanya bisa dilaksanakan jika cukup syarat yaitu penabalan nama matobang atau gelar raja.

S alah satu syarat utama untuk melaksanakan Horja Godang untuk adat Mandailing adalah mengorbankan kerbau cukup umur minimal satu ekor dan maksimal tidak terbatas sesuai kemampuan.

Termasuk untuk pemberian gelar adat atau nama raja seseorang yang sudah menikah atau istilah adatnya Matua Bulung. Didalam adat, nama kecil atau nama ijazah tidak pernah disebutkan melainkan nama rajanya. Pada adat istiadat Mandailing, biasanya seorang yang belum dilaksanakan pesta adat tidak akan bisa ikut pada acara-acara adat. Begitulah pentingnya pesta adat atau horja untuk warga Mandailing.

Demikian halnya dengan pesta adat Bobby Nasution ini, salah satu yang paling penting adalah pemberian gelar raja atau nama Matobang untuk Bobby.

Menurut Ali Muhammad Nasution, keluarga Bobby dari kampung halaman, gelar Raja Bobby harus sesuai dengan garis keturunannya. รข€œAdat Mandailing, seorang penganti yang diadati akan mewarisi nama kakeknya bukan nama bapaknya. Sesuai garis keturunannya, Bobby akan mewarisi gelar Sutan sesuai gelar kakeknya Abdul Hadi bergelar Sutan, "ujar Ali Muhammad Nasution.

Untuk nama lengkapnya, raja- raja panusunan akan melaksanakan sidang adat. Setelah ada kesepakatan raja-raja, baru ditabalkan pada saat acara di tapian raya bangunan martua yang digelar Sabtu sore. Berdasarkan permintaan keluarga yang diajukan kepada raja-raja. "Nama matobang Bobby adalah Muhammad Bobby Nasution gelar Sutan Kumala Abdul Rahman, " tambah Ali Muhammad. Laporan Romulo Siregar dari Gunung Baringin, Mandailing Natal.

Sumber: Google News | Warta 24 Mandiling Natal

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »